Colossal Cave Adventure Merupakan Game Komputer Tertua, Berikut Adalah Ringkasan Sejarah Dari Game Colossal Cave Adventure

Oleh : ftrrahman | 2022-04-19 13:11:02

Will Crowther adalah seorang programmer dan penggemar spelunking yang mendasarkan tata letak pada bagian dari sistem Gua Mammoth di Kentucky. Subnetwork Gua Kolosal memiliki banyak pintu masuk, salah satunya dikenal sebagai Bedquilt. Crowther mereproduksi bagian-bagian dari gua yang sebenarnya dengan begitu setia sehingga para caver yang telah memainkan game tersebut dapat dengan mudah menavigasi melalui bagian-bagian yang sudah dikenal di wilayah Bedquilt pada kunjungan pertama mereka.
Will Crowther adalah seorang programmer di Bolt, Beranek & Newman, yang mengembangkan ARPANET (pendahulu Internet). Crowther adalah seorang spelunker, yang menerapkan pengalamannya di Gua Mammoth (di Kentucky) untuk membuat permainan yang bisa dia nikmati bersama putri-putrinya yang masih kecil.
Crowther telah menjelajahi Gua Mammoth pada awal 1970-an, dan membuat peta vektor berdasarkan survei bagian-bagian gua yang sebenarnya, tetapi permainan teks adalah entitas yang sepenuhnya terpisah, dibuat selama tahun akademik 1975-76 dan menampilkan fantasi elemen seperti kurcaci pelempar kapak dan jembatan ajaib.
Versi yang paling terkenal saat ini adalah hasil kolaborasi dengan Don Woods, seorang mahasiswa pascasarjana yang menemukan permainan di komputer di Universitas Stanford dan membuat perluasan dan peningkatan yang signifikan, dengan restu Crowther. Sebagai penggemar berat Tolkien, ia memperkenalkan elemen fantasi tambahan, seperti elf dan troll.
Hingga pada tahun 2007-2008, mahasiswa Stanford University diwajibkan untuk kembali mengimplementasikan game tersebut sebagai tugas pada mata kuliah pemrograman komputer pertama.
Permainan asli Crowther terdiri dari sekitar 700 baris kode Fortran, dengan sekitar 700 baris data lainnya, ditulis untuk PDP-10 BBN. (Lihat kode sumber asli) Program ini membutuhkan sekitar 60K kata (hampir 300KB) memori inti agar dapat berjalan, yang merupakan jumlah yang signifikan untuk sistem PDP-10/KA yang berjalan dengan hanya 128K kata.
Pada tahun 1977, Jim Gillogly dari RAND Corporation menghabiskan beberapa minggu untuk memindahkan kode dari Fortran ke C di bawah Unix, dengan persetujuan Woods dan Crowther.
Game ini juga di-porting ke super-mini Prime Computer yang menjalankan PRIMOS pada akhir 1970-an, menggunakan Fortran 4, dan ke mainframe IBM yang menjalankan VM/CMS pada akhir 1978, menggunakan PL/1.
Versi permainan yang lebih baru pindah dari bahasa pemrograman tujuan umum seperti C atau Fortran, dan sebaliknya ditulis untuk mesin fiksi interaktif khusus, seperti mesin Z Infocom.
Tags : ColossalCaveAdventure, Sejarah