Kontribusi Qualcomm dalam Meluncurkan Metaverse

Oleh : Bustommyzw | 2022-03-26 07:02:25

Sebanyak 100 juta US Dolar telah dialokasikan pihak Qualcomm untuk digunakan sebagai investasi dalam pengembangan metaverse yang telah diumumkan pabrikan prosesor tersebut belum lama ini. Proyek investasi ini dijuluki “SnapDragon Metaverse Fund”

Menurut Qualcomm, dana tersebut akan mempengaruhi pengembangan ekosistem XR. Seiring dengan pengembangan Platform Snapdragon XR, Platform Pengembang Snapdragon Spaces XR dan XR Labs Europe.

Pendanaan ini nantinya akan diberikan pada perusahaan XR terkemuka untuk mengembangkan pemanfaatan teknologi tersebut di berbagai bidang, seperti game, kesehatan, media, hiburan, pendidikan, hingga keperluan bisnis lainnya.

Terlebih lagi, Qualcomm siap untuk mendukung pengembang dan perusahaan dari semua sektor yang memiliki produk dan layanan augmented reality (AR) dan XR yang unik dan imersif. Ini juga akan memberi pengembangan akses awal ke teknologi platform XR canggih Qualcomm, selain itu hal ini mampu menghubungkan akses dengan jaringan investor dan peluang untuk mempromosikan perusahaan masing-masing dalam proyek metaverse fund Qualcomm Snapdragon.

Sebelumnya, platform Snapdragon XR1 dan XR2 dibuat khusus untuk memenuhi tuntutan dan persyaratan tertentu dari perangkat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) saat ini.

Program yang akan di besut Snapdragon Metaverse ini akan dimulai pada Juni 2022. Presiden dan CEO Qualcomm, Cristiano Amon, berharap program ini dapat memberdayakan developer dan perusahaan untuk mendorong mereka mengembangkan teknologi generasi baru.

Tidak hanya itu, Qualcomm juga mengumumkan telah bekerja sama dengan Square Enix sebagai bagian dari Snapdragon Spaces Project. Lewat program ini, Snapdragon ingin mengembangkan headset mereka untuk menghadirkan pengalaman gaming mixed-reality.

Untuk diketahui, pada tahun ini, Qualcomm memang menyebut Snapdragon sedang gencar menuju metaverse. Pernyataan itu bukannya tanpa alasan karena sebagai sarana yang menujang perangkat teknologi yang akan membawa pengguna ke metaverse telah berkembang pesat akhir-akhir ini.

Metaverse secara umum adalah dunia virtual di mana pengguna dapat berinteraksi secara digital seperti di dunia nyata. Augmented dan virtual reality adalah bagian dari metaverse. Aplikasi yang paling umum untuk saat ini adalah game. Namun potensi pemanfaatannya mencakup berbagai bidang dan minat tertentu yang masih dikembangkan seiring dengan waktu berjalan.
Tags : Game, Qualcomm