breaking news New

Atasi Kolesterol dengan Cepat Menggunakan Tips Ini

Tips Mengatasi Kolesterol Tips Mengatasi Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa mengindikasikan berbagai penyakit serius. Penyakit penyerta seperti darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke dapat menghantui bila tubuh memiliki kadar kolesterol yang tidak normal.

Seperti dilansir laman CNBC, kolesterol sendiri mempunyai dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) Cholesterol dan kolesterol baik alias High Density Lipoprotein (HDL) cholesterol.

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol jahat lebih tinggi bisa mengalami penimbunan lemak yang terbentuk di dinding arteri. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Pada umumnya, kolesterol berada dalam zat makanan yang dikonsumsi dan akan meningkat kadarnya dalam darah, tergantung seberapa banyak makanan yang dimakan. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengatur makanan yang dikonsumsi demi menjaga kadar kolesterol tetap normal.

1. Konsumsi Brokoli

Sebuah studi menunjukkan hubungan antara mengonsumsi sayuran dan mengurangi risiko penyakit jantung. Brokoli khususnya kaya akan serat larut, yang sangat baik untuk kolesterol tinggi. Sayuran penghilang kolesterol lainnya yang perlu dipertimbangkan termasuk bayam, kubis, dan collard hijau.

Selain memasok banyak vitamin dan antioksidan, makan sayuran secara teratur telah terbukti membantu menurunkan kolesterol.

2. Mencamil Semangka

Bila kebiasaan mencamil sulit dihindari, maka gantilah camilan tidak sehat dengan semangka yang kaya akan likopen, yang memiliki sifat penurun lipid, mengurangi kolesterol total dan LDL.

Bagi yang tidak suka semangka, bisa menggantinya dengan menambahkan apel, anggur, stroberi, buah jeruk, atau bahkan alpukat ke dalam diet. Semua ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan kolesterol LDL.

3. Sarapan Oat

Oat atau biji sereal mengandung banyak serat, termasuk serat larut yang mengurangi penyerapan kolesterol dalam sistem pencernaan Anda. Serat secara umum juga bisa membantu mencegah lonjakan insulin yang dapat menaikkan kadar kolesterol jahat tersebut.

Banyak orang tidak mendapatkan cukup serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Menurut sebuah penelitian, meningkatkan asupan serat 10 gram per hari dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 14%, dan kematian akibat penyakit jantung sebesar 27%.

4. Mengonsumsi Kacang-kacangan

Pada tahun 2018 sebuah studi menemukan bahwa almond dapat menurunkan kolesterol LDL sambil mempertahankan atau bahkan meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik yang membantu menghilangkan bentuk kolesterol lain dari aliran darah Anda.

Jika Anda bukan penggemar almond, pilihan lain yang telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol adalah kacang hazelnut, kacang macadamia, kenari, dan pistachio.

5. Mencampur Biji Chia dalam Minuman atau Pudding

Biji chia memiliki banyak asam lemak omega-3 esensial. Meningkatkan konsumsi lemak sehat ini, meski hanya satu gram per hari, dikaitkan dengan pengurangan risiko masalah kardiovaskular sebesar 16%.

Meskipun efeknya relatif kecil pada LDL, asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan membantu menurunkan trigliserida, sejenis lemak yang ditemukan dalam darah Anda.

Anda dapat mencampurkan biji chia ke dalam air putih, jus tanpa gula, atau bahkan ke dalam isian pudding.

6. Hindari gorengan dan segala jenis makanan tinggi lemak jahat

Gorengan dan makanan yang mengandung lemak jahat seperti susu full cream, keju, segala jenis kue, kue kering, pizza, makanan yang dibuat dari margarin dan mentega, makanan cepat saji, serta frozen food perlu dihindari.

7. Ganti daging merah dengan ikan

Ubah kebiasaan mengonsumsi daging merah dengan makan ikan yang kaya omega 3 seperti ikan kembung, salmon, tuna, atau sarden segar. Pastikan cara memasaknya juga sehat. Hindari ikan yang digoreng karena bisa membuat kolesterol melonjak.

8. Konsumsi minyak zaitun

Jika Anda gemar mengonsumsi tumisan atau makanan yang mengandung mentega, ganti asupan tinggi lemak jenuh ini dengan minyak zaitun. Lemak baik yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat.